....ASSALAAMUALAIKUM WARAHMATULLOHIWAABARAAKAATU....,SELAMAT DATANG DI BLOG EDI BERBAGI,... TIADA MANFAAT SELAIN BERBAGI..SALAM HANGAT UNTUK PARA PEMBACA...

Sabtu, 08 November 2014

KONSEP DASAR PENDIDIKAN

Asslamualaikum wrwb.. ''bissmillah'' dengan izin dan ridho Nya insyaAlloh akan selalu ada manfaat dan keberkahan


Pendidikan adalah segala situasi hidup yang mempengaruhi pertumbuhan individu sebagai pengalaman belajar yang berlangsung dalam segala lingkungan dan sepanjag hidup. Dalam arti sempit pendidikan diartikan sebagai pengajaran yang diselenggarakan umumnya oleh lembaga pendidikan atau sekolah. Sedangkan para ahli psikologi memandang pendidikan adalah pengaruh orang dewasa terhadap anak yang belum dewasa agar memiliki kemampuan yang sempurna dan kesadaran penuh terhadap hubungan dan tugas-tugas sosialnya dalam bermasyarakat.
            Ilmu pendidikan disebut juga sebagai pedagogik, inggris (pedagogic) yang berasal dari bahasa yunani yaitu ''pais'' yang artinya ''anak'', dan ''again'' yang artinya membimbing. Poerbakwatja dan Harahap (1982:254) mengungkapkan pedagogic mempunyai dua arti yaitu:
1.     Praktek cara seseorang mengajar.
2.     Ilmu pengetahuan mengenai prinsip-prinsip dan metode mengajar, membimbing dan mengawasi pelajaran yang disebut juga pendidikan.
Dari pengertian diatas dapat difahami bahwa pendidikan mengandung pengertian, ''bimbingan yang diberikan kepada anak'' yaitu bimbingan tentang suatu pelajaran yang diberikan oleh guru peserta didik secara formal. Orang yang memberikan bimbingan kepada anak disebut pembimbing atau ''pedagog'' dalam perkembanganya, istilah pendidikan (pedagogy) berarti bimbingan atau pertolongan yang diberikan kepada anak oleh orang dewasa secara sadar dan bertanggungjawab. Bimbingan ini baik mengenai aspek jasmaniah dan ruhaniahnya menuju ketingkat kedewasaan anak. Jika anak telah dewasa dalam arti jasmaniah dan ruhaniah, maka pendidikan itu telah selesai. Dalam dunia pendidikan  kemudian tumbuh konsep pendidikan seumur hidup (life long education).
Pengertian pendidikan menjadi semakin luas, yang berarti setelah anak dewasa tetap masih dalam proses pendidikan, tetapi sifat pendidikanya berbeda dengan sebelum anak mencapai tingkat kedewasaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar